0

PLANNING YOUR LIFE



> Tandziimul-‘amali yuwaffiru nishful-waqti

Pengelolaan pekerjaan itu mempersingkat separuh waktu kerja

Jika impian dan cita-cita sudah dicanangkan, dan kita sudah tau apa yang harus dikerjakan, mulailah menjalankan apa yang harus anda kerjakan. Pertanyaan yang datang kemudian, biasanya adalah, “saya harus mulai darimana ?”

Memulai dari mana terkadang memang menjadi kesulitan tersendiri saat kita ingin menggapai impian dan cita-cita kita. Menyadur iklan salah satu produk olahraga yang sangat terkenal, “just do it”, lakukan saja, apapun yang bisa kita lakukan sekarang. Tidak usah banyak pertimbangan apakah yang akan kita lakukan ini akan menghasilkan sesuatu yang produktif atau tidak, apakah nantinya bermanfaat banyak atau tidak, atau apakah kita bisa melaksanakannya atau tidak, tinggal lakukan saja.

Dengan mulai melakukan apa yang kita rasa paling mudah untuk dilakukan, lambat laun kita akan mengerti dan bisa mengukur sejauh mana pekerjaan yang sudah kita lakukan memberikan kontribusi pada apa yang akan kita bangun secara keseluruhan. Kita bisa mengetahui kelebihan dan kelemahan serta terus menerus melakukan perbaikan terhadap proses yang sudah kita jalani. Pada awalnya memang akan terasa sulit, tetapi seiring berjalannya waktu, apa yang kita lakukan akan menjadi jauh lebih mudah. Kemudahan itu terjadi karena semakin sering kita bekerja, kita akan semakin tahu apa yang harus kita kerjakan.

Al-‘amalu yaj’alu-ssha’ba sahlan”

Dengan mulai kerja akan menjadikan sesuatu yang sulit menjadi mudah

Jika kita berfikir dalam kerangka besar, memang sangat mungkin kita merasa bahwa apa yang kita cita-citakan itu sangat berat untuk bisa dicapai. Namun, jika kita bisa membaginya dalam bagian-bagian yang kecil, beban itu bisa dibagi secara lebih panjang sehingga terasa lebih ringan.

Ambil contoh, kita ingin membeli rumah seharga Rp 500 juta. Jika kita berfikir harus menyediakan saat ini juga uang sebesar itu, mungkin akan terasa sangat berat. Tetapi jika kita berfikir bahwa beban Rp 500 juta itu bisa dibagi dalam 10 tahun, misalnya, impian itu bukan mustahil untuk kita dapatkan. Artinya, dengan menabung sedikit demi sedikit , kita bisa mengumpulkan uang sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Pemahaman dan cara berfikir semacam itu harus menjadi bagian tak terpisahkan dari diri kita jika kita ingin mencapai kesuksesan, karena sebuah cita-cita ataupun impian bisa menjadi beban mental yang berat jika kita berpikir harus mencapainya secara langsung. Tetapi, dengan membaginya menjadi bagian-bagian yang kecil dengan proses yang terus berlangsung untuk mencapainya, beban itu kan menjadi jauh lebih ringan.

Selain itiu, pekerjaan yang dikerjakan secara instan bisaanya tidak bisa menghasilkan hasil kerja yang maksimal. Sebaik-baik pekerjaan adalah yang dihasilkan secara terus menerus dalam proses yang berjalan sesuai dengan arah yang ditentukan.

Khoirul a’mali ma qalla wa dalla

Sebaik-baik pekerjaan adalah yang sedikit dan terarah

SUMBER : berbagai sumber

Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

Twitter Bird on The Tree by Tutorial Blogspot

Back to Top