0

Tips Menghadapi Masalah



>

Tips Menghadapi Masalah


1. TIDAK PANIK
Saat tertimpa suatu masalah, langkah pertama yang harus diambil adalah tidak panik. Kepanikan hanya akan menambah masalah daripada menyelesaikan masalah. Maka latihlah diri dan keluarga untuk selalu tenang dan tidak panik menghadapi situasi segawat apapun.

2. TIDAK EMOSIONAL
Marah hanya akan memuaskan nafsu, sedangkan nafsu yang tidak terkendali bukan jalan meraih kebenaran dan kemuliaan hidup. Bukannya tidak boleh tertindak, tapi yang tidak boleh adalah bertindak secara emosional.

3. TIDAK TERGESA-GESA
Tindakan tergesa-gesa hanya akan menuai penyesalan.  Maka kendalikan diri, jangan ingin cepat-cepat menyelesaikan suatu aktivitas tanpa perhitungan matang.  Saat dihadapkan dengan masalah yang rumit, segera petakan masalah tersebut, kumpulkan informasi secara BAL (Benar, Akurat dan Lengkap).

4. TIDAK MENDRAMATISIR MASALAH
Sebagian penderitaan yang dialami adalah hasil dramatisasi pikiran, akibatnya persoalan jadi tampak gawat, darurat, dan mencekam.  Padahal boleh jadi masalah yang dihadapi tidak segawat dan semencekam yang diperkirakan.

5. TIDAK PUTUS ASA
Masalah akan membuat terpuruk dan menjadi hina, bila kita berputus asa menghadapinya.  Ingat, bersama kesulitan pasti ada kemudahan.
Daripada berkata: "Ya Tuhan, lihatlah betapa besar masalahku", lebih baik berkata:  
"Hai masalah, lihatlah betapa Maha Besar Tuhanku!" :D


**Catatan pribadi untuk diri sendiri yang seringkali tidak berhati-hati saat menghadapi masalah. :(
Tapi kalau bermanfaat bagi teman-teman yang baca, ya, alhamdulillah.... :)

Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Twitter Bird on The Tree by Tutorial Blogspot

ShareBar by Tutorial Blogspot

Back to Top